UTS Psikologi Sosial


Nama          : Resti Rohaeti
NIM            : 160211015
M.K            : Psikologi Sosial
Pengampu   : Meti Mediyastuti, S.Sos., M.AP
Smester IV

1.        Sejauh mana makna penting sikap yang menarik dari kasus tersebut !
Yang menarik dari kasus ini adalah antara kelompok islam militant Al Qaeda dengan pemerintah Amerika Serikat seperti saling membalas atas perbuatan yang telah dilakukan.
Tindakan Kelompok Islam Militan Al Qaeda membuat nama siapapun yang beragama muslim, berpakaian muslim, bercirikan muslim sebagai seorang teroris dimata mereka non muslim,
Perbuatan keompok militan islam Al Qaeda Jelas merugikan semua muslim. Namun disisi lain Tindakan yang dilakukan kelompok islam militant Al Qaeda sebagai bentuk dari protes dan kecaman keras atas Amerika Serikat yang menyatakan dukungannya kepada Israel.

2.        Bagaimana Pandangan Saudara menyikapi hal tersebut ?
Menyikapi kejadian 11 September di atas, Hal di atas sangat wajar terjadi cap buruk karena satu kesalahan merupakan hal yang lumrah, namun alangkah bijaknya bila kita tidak melihat hanya dari satu sisi, kita dapat melihat ke sisi yang lain. Atau melihat apa yang menyebabkan kelompok Islam militan Al Qaeda sehingga bisa berbuat seperti itu. Karena segala sesuatu ada penyebabnya.

3.        Bagaimana dengan keterkaitan Umat Islam ?
Keterkaitan kelompok islam militan Al Qaeda sebagai vocal dari peristiwa penghancuran Menara Kembar World Trade Center di New York dan Pentagon, Perbuatan sekelompok orang ini jelas membuat nama Islam menjadi tercoreng sehingga non muslim di barat sana menganggap bahwa setiap muslim adalah bagian dari Kelompok Islam Al Qaeda yaitu seorang teroris yang telah membunuh sanak saudara mereka. Sehingga ruang umat Islam di Amerika Serikat di persempit dan persulit bahkan tidak diizinkan. Namun orang non muslim disana tidak melihat Islam dari sisi yang lain hanya karena satu perbuatan kelompok islam militant yang tidak bertanggung jawab.


 
4.  Apakah masalah-masalah itu dapat teratasi dengan sendirinya, atau perlu diatasi dengan persetujuan yang memuaskan satu sama lain ?
Menurut pendapat saya, cukup sulit dalam menyelesaikan masalah ini karena berkaitan dengan masih banyak nya kelompok islam militant yang lain, yang tidak dapat diduga tindakan apa yang diperbuat.

Sebagai seorang muslim, kita tunjukan saja bahwa islam tidsk lah seradikal yang mereka kira, islam merupakan agama yang sangat mengajarkan arti toleransi dengan sesama makhluk hidup, islam mengajarkan hidup bertetangga yang baik meskipun berbeda keyakinan, maka tunjukan saja apa yang sebenarnya islam ajarkan. 

#MataKuliahPsikologiSosial#AdmPublik#smesterIV#UMBandung

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor

Sistem sosial dan budaya Indonesia

Teori ERG Alderfer