Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor
Assalamualaikum, disini saya akan memaparkan materi mengenai jenis-jenis tata ruang kantor
Tata ruang kantor menjadi
satu hal yang penting diperhatikan agar dapat memberi kenyamanan bagi para
pekerja sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar tanpa hambatan.
Penataan ini ruang kantor ini menyangkut pengaturan tempat kerja, peralatan
kantor dan berbagai perlengkapannya.
Menurut Drs.The Liang Gie
mengatakan “Tata Ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta
pengaturan kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawannya”.
Secara umum tata ruang
kantor dibagi menjadi dua, yaitu tata ruang kantor terbuka dan tata ruang
kantor tertutup. Tata ruang kantor terbuka biasanya dalam satu kantor bisa
diisi oleh banyak orang sekaligus yang terbagi dalam beberapa divisi tanpa
batas/sekat yang terlalu jelas. Sedangkan tata ruang kantor tertutup seringkali
antara pegawai satu dengan yang lainnya dipisahkan oleh pembatas, bisa berupa
pembatas sketsel, tembok, atau yang lainnya.
Meskipun secara garis besar
tata ruang kantor terdiri dari dua macam, namun Sedarmayanti (2009: 128)
berpendapat bahwa kedua jenis tata ruang tersebut masih dapat dibedakan lagi
menjadi empat macam tata ruang kantor, yaitu :
1. Tata
Ruang Kantor Tertutup / Berkamar (Cubicel Type Offices)
Merupakan tata ruang kantor dimana masing-masing orang
atau divisi dalam kantor dipisahkan melalui sekat-sekat maupun tembok sehingga
ruang kerja terdiri dari kamar-kamar privat untuk melakukan berbagai aktivitas
pekerjaannya.
Bentuk dari ruang kantor ini bisa tertutup penuh
hingga bagian plafon, ada yang hanya dibatasi oleh sekat setengah badan maupun
sekat setinggi manusia. Beberapa kantor dengan tata ruang tertutup ada yang
memiliki pintu dan ada juga yang tak berpintu. Untuk kantor yang tidak berpintu
sekat difungsikan untuk membatasi padangan mata agar dalam melakukan pekerjaan
bisa lebih fokus.
Kelebihan menggunakan tata ruang kantor tertutup,
yaitu :
·
Dapat
menjamin konsentrasi kerja karena pandangan dibatasi oleh sekat;
· Memiliki
privasi yang tinggi sehingga pekerjaan yang bersifat rahasia dapat terjamin
kerahasiaanya;
· Ruang
kerja masing-masing divisi dapat dibedakan, dapat menjaga status masing-masing
jabatan, dan terpeliharanya kewibawaan pimpinan;
· Kebersihan
kerja lebih terjamin karena masing-masing orang memiliki tanggung jawab atas
ruang yang ia gunakan.
Kekurangan menggunakan tata ruang kantor tertutup,
yaitu :
· Karena
adanya sekat pembatas, menyebabkan komunikasi antar pegawai tidak dapat
dilakukan secara langsung;
· Membutuhkan
biaya lebih besar, mulai dari pembelian sekat, biaya pemeliharaan ruangan,
pengaturan cahaya, dan biaya pembelian peralatan dan perlengkapan kantor
lainnya;
· Pemakaian
ruangan tidak fleksibel jika suatu saat ada perubahan tempat maupun saat
terjadi perombakan organisasi;
· Kondisi
kantor yang tertutup dapat mempersulit pengawasan;
· Membutuhkan
ruang yang lebih luas untuk menata semua peralatan dan perlengkapan kantor.
2. Tata
Ruang Kantor Terbuka (Open Plan Offices)
Tata
ruang kantor terbuka adalah ruangan kerja yang didalamnya terdapat banyak
karyawan maupun divisi kerja yang tidak dipisahkan oleh pembatas apapun
sehingga ruang kerja terlihat cukup luas. Ruang kerja seperti ini biasanya
karyawan dapat menempati satu meja khusus dan bisa juga dalam satu meja bisa
ditempati oleh beberapa karyawan sekaligus.
Kelebihan menggunakan tata ruang kantor terbuka, yaitu
:
·
Pimpinan
lebih mudah melakukan pengawasan terhadap kinerja masing-masing karyawan;
·
Mempermudah
pengaturan cahaya karena dalam satu ruang tidak membutuhkan penerangan yang
banyak sebagaimana tata ruang kantor tertutup;
· Sirkulasi
udara bisa lebih baik dan dapat diatur dengan mudah karena tidak terlalu banyak
sekat maupun tembok permanen;
· Dekorasi
kantor bisa dibuat dengan mudah karena tidak terlalu banyak pernak-pernik yang
dibutuhkan;
·
Lebih
fleksibel jika suatu saat dibutuhkan perubahan tata ruang;
·
Komunikasi
antar karyawan bisa lebih mudah karena tidak ada pembatas
·
Dapat
dilakukan penyeragaman kerja dan mempermudah dalam pembagian peralatan kerja;
·
Lebih
menghemat biaya, dan lain-lain.
Kekurangan menggunakan tata ruang kantor terbuka,
yaitu :
· Para
karyawan lebih sulit untuk fokus dalam melakukan pekerjaannya;
· Suasana
kerja berpotensi gaduh dan bising karena masing-masing orang bisa ngobrol dan
bersenda gurau;
· Batas
kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak jelas;
· Kerahasiaan
pekerjaan tidak terjamin karena masing-masing orang dapat memantau pekerjaan
orang lain;
· Kondisi
kantor bisa terlihat kurang rapi jika banyak tumpukan berkas yang tidak ditata
dengan baik.
· Tertukarnya
berkas antar pegawai
3.
Tata Ruang Kantor Berpanorama (Landscape Offices)
Tata ruang kantor berpanorama adalah ruang kerja yang
dihiasi oleh berbagai elemen hias untuk mempercantik ruangan kantor. Beberapa
elemen hias ini bisa berupa tanaman hidup, tanaman sintetis, maupun bahan
dekorasi lain seperti kain, sterofoam, gabus dan lain sebagainya.
Kelebihan menggunakan tata ruang kantor berpanorama,
yaitu :
· Suasana
kerja dalam kantor lebih nyaman sehingga para pegawai lebih betah dalam kantor;
· Suasana
yang nyaman dapat meminimalisir ketegangan syaraf dalam bekerja;
· Dapat
menghindari kebisingan dan kegaduhan saat bekerja;
· Produktivitas
kerja dapat meningkat karena dalam melakukan pekerjaan bisa dilakukan lebih
efektif dan efisien.
Kekurangan menggunakan tata ruang kantor berpanorama,
yaitu :
·
Membutuhkan
biaya yang besar untuk mendesain dan membuat dekorasinya;
·
Biaya
pemeliharaan cukup tinggi;
·
Membutuhkan
tenaga ahli yang dapat menciptakan suasana yang sesuai harapan.
4. Tata
Ruang Kantor Gabungan
Tata ruang
kantor gabungan adalah ruang kantor yang terdiri dari gabungan antara beberapa
bentuk ruang kantor tertutup, ruang kantor terbuka, dan ruang kantor berhias.
Tata ruang kantor gabungan ini banyak digunakan karena dari ketiga bentuk ruang
kantor yang telah disebutkan diatas mempunyai kerugiannya masing-masing. Dengan
menggabungkan berbagi unsur yang terbaik, maka kondisi kantor gabungan bisa
menjadi pilihan untuk menciptakan suasana kantor yang lebih kondusif.
Kelebihan menggunakan tata ruang kantor berpanorama,
yaitu :
·
Dapat
menjaga privasi ruang kerja direktur atau manajer (dibuat ruang tertutup)
·
Dapat
menjaga wibawa pimpinan maka butuh 1 ruang kerja tertutup
·
Dapat
berkoordinasi dalam 1 tim (ruang kerja terbuka)
·
Pegawai
ditempatkan dalam 1 ruang terbuka untuk memudahkan pengawasan
· Agar
karyawan tidak strees dan sumpek maka kolam ikan atau taman kecil bisa
dijadikan penenang
Kekurangan menggunakan tata ruang kantor berpanorama,
yaitu :
·
Kantor
terlihat kurang rapih karena komposisi pengaturan ruangannya berbeda
·
Pegawai
yang dijadikan 1 tempat akan membuat gaduh
·
Konsentrasi
agak berkurang ketika melihat dekorasi yang berlebihan
Komentar
Posting Komentar